Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Dorong Kabupaten dan Kota di Sulsel Terapkan TPA Sanitary Landfill

indonesiasatu, 10 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

MAKASSAR - Untuk memastikan pengelolaan sampah tertangani dengan baik maka tempat pembuangan akhir sampah harus tersedia dengan standar sanitary landfill, Dihimpun dari Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, Andi Hasdullah.

Selasa, (10/3/2020).

Menurut Dia, Kalau tidak tersedia TPA yang baik maka pasti tertib sampah tidak akan terkelola dengan optimal.

Hasdullah Mengurai bahwa TPA sistem sanitary ini menjadi pilihan karena biaya nya murah yang penting lokasinya luas dan jauh dari permukiman dan dilengkapi peralatan pendukung, Proses kerjanya sederhana dasarnya dipadatkan supaya mengurangi cairan sampah masuk dalam tanah lalu sampah dipadatkan kemudian ditimbun tanah, Ditutup terutama pada musim hujan,  Dibuatkan ventilasi untuk pembuangan gas, dan dilengkapi saluran-saluran pembuangan air limpahan.

Maka dengan Uraian tersebut, Hasdulah menekankan setiap kabupaten kota di sulsel wajib memprioritaskan  penyedian TPA sanitary landfill, Mulai dari penyediaan lokasi TPA yang tepat dilengkapi isin lingkungan melalui UKL/ UPL yang lengkap dan taat dalam  pelaksanaannya, itu menjadi syarat daerah untuk mendapatkan status kota adipura.

"Saya kira dana bantuan daerah bawahan provinsi ke kabupaten kota memenuhi syarat untuk mendapat alokasi untuk kegiatan pembenahan TPA itu karena masuk dalam program prioritas pak Gubernur Nurdin Abdullah yaitu sulsel tertib sampah",Ungkap Hasdullah

Dia Juga mendorong semua kabko di Sulsel sudah terapkan TPA sanitary landfill.

Lebih jauh, Mantan Kadis Kominfo-SP propinsi itu menjelaskan bahwa TPA dan sapras sudah harus dipersiapkan dengan baik, Juga upaya penanganan sampah dihulu terus dibenahi dengan pendekatan bagaimana mengurangi sampah rumah tanggah (reduse).

"Bagaimana memilah dan memanfaatkan sampah bernilai ekonomi dan bagaimana mendaur ulang sampah (recycle) dengan  edukasi dan terus mendorong partipasi publik yang dilakukan secara berkelanjutan", Kunci Andi Hasdullah.

(Ryawan).

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu